Laman

karyaku

karyaku
kenangan untuk Nur, Akbar, Ikbal, Anisa, Yoga, Andi dan Sofia

karya sebelumnya

karya sebelumnya

Selasa, 06 Juli 2010

Tema Buku Korporatisasi SMK: Sangat Dibutuhkan Tapi Tak ada di Pasaran

PELUANG USAHA-KERJASAMA PENULISAN BUKU

Depdiknas punya program strategis yang bertema: Industrialisasi Berbasis SMK. Proses itu membutuhkan pengawalan budaya sebagai proses recorporate culture sebagaimana hal itu dilakukan oleh Jepang, China, Korea dan India. Tetapi buku rujukan semacam itu masih kosong di pasaran. Judul di bawa ini sangat prospektif, ceruk pasarnya pun masih kosong. Jika ada penerbit yang berminat mensponsori penulisan buku ini, silakan kontak kami.

10 JUDUL BUKU DI BAWAH INI, DI-ILHAMI DAN DIBREAKDOWN DARI BUKU GARIS-GARIS BESAR PROGRAM PENGEMBANGAN SMK 2007 (2005-2009) DIRJEN DIKDASMEN.
DISAIN GAYA SAJI “HOW TO” DALAM BUKU-BUKU INI DIMAKSUDKAN UNTUK MEMBERIKAN PANDUAN DAN PERSPEKTIF PENGEMBANGAN LEBIH LANJUT 5 TAHUN KE DEPAN.

1. STRATEGI MEMILIH KEUNGGULAN LOKAL SMK
Bab 1 Mengapa Harus dengan Keunggulan Lokal
i. Hakekat Keunggulan Lokal
ii. Bila Potensinya Full Otonom,
iii. Sinergi dan Komplementary dg daerah lain
iv. Pemahaman Potensi Jangka Pendek Menengah Panjang
Bab 2 Menemukan keunggulan Lokal Melalui SWOT dan Benchmark
• Belajar dari Waralaba Lokal
• Mengglobal dengan Merk Lokal
• All Out Branding
Bab 3 Pentingnya Loby dengan Didu dan Pemda
Bab 4 Meminjam Tangan Orang Partai
Bab 5 Bersinergi dengan Idiom Bappeda
Bab 6 Bekerjasama dengan Departemen Teknis
Bab 7 Memproyeksikan Jaminan Pasar Berkelanjutan


2. KORPORATISASI SMK: DALAM PERSPEKTIF HULU HILIR BISNIS
Bab 1 Mengapa Harus dengan Korporatisasi SMK
Bab 2 Korporatisasi Sebagai Proses Recorporate Culture
Bab 3 Input Kelas Menengah Bawah SMK: Sebuah Implikasi Strategis
Bab 4 Teaching Factory dan Politik Industrial Negara Berkembang
Bab 5 Merenda Hulu Hilir Bisnis SMK
Bab 6 Jaringan Strategis dg Alumni SMK


3. DISAIN LEARNING ORGANIZATION SMK
Bab 1 Mengapa Harus Berbasis Learning Organization
Bab 2 Antara Learning Organization dan Knowledge Society
Bab 3 Implikasi Disain Learning Organization
Bab 4 Mengubah Mindset Guru dalam Mendidik dan Mengajar
Bab 5 Membangun Ethos dan Otonomi Belajar Siswa SMK


4. STRATEGI MEMBANGUN JEJARING GLOBAL SMK
Bab 1 Mengapa SMK Harus Membangun Jejaring Global?
• Cara Menggali Mitra Global
• Memilih Mitra Global yang Pro Negara Berkembang
• Cara Cerdas Membangun Afiliasi dengan LSM Global
• Kata Kunci dalam Meraih Dukungan Lembaga Donor
• Akuntabilitas Sebagai Syarat Mendapatkan Dukungan Internasional
Bab 2 Memahami Fatamorgana Globalisasi Teknologi dan Bisnis
Bab 3 Pentingnya SMK “SBI” Berbasis Keunggulan Lokal



5. MEMBANGUN PRIMER MARKET SMK
Bab 1 Primer Market untuk Mematahkan Rintangan Budaya
Bab 2 Primer Market untuk Menemukan Loncatan Teknologi
Bab 3 Primer Market untuk Mengefisienkan Proses-proses Industrialisasi Berbasis SMK
Bab 4 Primer Market untuk Memudahkan Politik Pencitraan SMK
Bab 5 Primer Market Jalan Tengah



6. MENUJU KORPORATISASI SMK: AGENDA STRATEGIS UNTUK LONCATAN INDUSTRIAL

7. KENDALA PROSES KORPORATISASI SMK

8. MEMBANGUN TEKNOPRENEUR DI SMK

9. TEFA DI TENGAH POLITIK INDUSTRIALISASI: MEWASPADAI “SMK DEADLOCK” (Deadlock ini pernah menimpa IPTN pasca kejatuhan Soeharto, sebagai akibat bergesernya politik industrialisasi. Buku ini ingin mengambil pelajaran dan kewaspadaan, mengenai perlunya “payung politik industrialisasi” tersebut dibahas lebih tegas, sehingga apabila kelak terjadi perubahan politik, dunia SMK dapat mengambil langkah-langkah penyesuaian, bahkan kalau mungkin dipikirkan persiapannya sejak awal “Industrialisasi Berbasi SMK” ini didisain. Meminjam bahasa kendali mutu, “kerjakanlah semuanya dengan baik dan benar sejak awal dan seterusnya, mencegah cacat produk sejak dari awal perencanaan. Karena dana dan daya yang sudah diinvestasikan akan menjadi mubadzir jika SMK tidak memikirkan strategi putar haluan tersebut secara cerdas dan elegant sejak kini.

10. TEROBOSAN DAN PENGENDALIAN UNTUK TEACHING FACTORY
Diposkan oleh herinpriyono di 06:55 0 komentar
Kirimkan Ini lewat Email BlogThis! Berbagi ke Twitter Berbagi ke Facebook Berbagi ke Google Buzz
Link ke posting ini
Calon Buku Best Seller Mencari Penerbit
Sebentar lagi puasa tiba. Bagi penerbit yang masih membutuhkan calon tema-tema best seller, kami masih ada stok naskah. Bagi yang berminat dapat menghubungi redaksi bursa naskah buku di (0274) 9221404

Tidak ada komentar:

Posting Komentar